Rabu, 18 Juni 2008

Rumah Ibarat Badan

Menurut Guru saya, Pandita Qing Zhen, “Setiap orang karena lama berdiam di rumahnya akan dipengaruhi oleh lingkungan dan medan magnet rumah tersebut, lama-kelamaan rumah akan seperti orangnya dan orang akan seperti rumahnya.”

Dalam Kitab Rahasia Getaran Tanah, rumah diibaratkan sebagai badan.

Pintu rumah ibarat panca indera manusia, bagian depan rumah ibarat panca indera.

Sisi kiri dan sisi kanan rumah ibarat kaki dan tangan.

Ruang tamu ibarat jantung.

Kamar kecil ibarat ginjal.

Dapur ibarat hati.

Kamar tidur ibarat paru-paru.

Ruang makan ibarat limpa.

Rumah bagaikan sesosok manusia. Bila ada bagian tertentu dari rumah terdapat cacat, tanpa disadari akan mempengaruhi jasmani dan nasib penghuni rumah. Tentu saja, bagian tertentu dari bangunan rumah mempengaruhi bagian tertentu dari tubuh manusia. Namun penggarisan ini tidak akurat seratus persen, coba lihat, ada orang menggunakan ruang tamu juga sebagai ruang makan, dalam kamar tidur juga ada kamar kecil, oleh sebab itu penggarisannya ini tidak seratus persen jelas.

Meskipun demikian, Pandita Qing Zhen memberitahu saya bahwa jika seorang pakar fengshui mau mencermati suatu rumah, pasti dapat menemukan letak pokok masalahnya.

Dulu saat saya membantu orang melihatkan fengshui, saya sering mengajari siswa saya apa yang dimaksud dengan pola pembedahan? Dan apa pula yang dimaksud dengan pola daging tumbuh? Suatu rumah yang tidak sehat, alias terdapat cacat, misalnya rumah itu sendiri tidak utuh atau membuka jendela atap, atau jendela yang dibuka tidak serasi dengan rumah, pintu rumah dibuka secara sembrono, pintu rumah terlalu banyak, pintu yang ada di dalam rumah jarang dibuka dan tidak cocok juga tidak sepadan, semua ini adalah ciri-ciri pola pembedahan.

Apa itu pola daging tumbuh? Yang dimaksud dengan daging tumbuh adalah tumor atau kanker. Bila mengamati sebuah, perhatikanlah bagian luar yang menonjol atau mencuat. Jendolan yang bertolak belakang dengan rumah itu sendiri, tidak sepadan bagaikan embel-embel suatu rumah atau seperti seseorang memanggul sebuah beban, besarnya tidak sepadan, kanan-kiri tidak serasi, hendaknya hati-hati jika memiliki jendolan demikian, inilah pola kanker tumor alias pola daging tumbuh.

Saya sendiri tidak begitu setuju dengan perombakan atau penambahan suatu bangunan. Misalnya semula bangunan itu baik-baik saja, tiba-tiba muncul suatu ide lalu sebagian dibongkar, dan sebagian direnovasi. Ada lagi yang suka membangun paviliun kecil di belakang rumah, bersambung dengan bangunan utama. Penambahan bangunan kecil niscaya akan mengubah keseluruhan fengshui rumah tersebut.

Harus disadari bahwa bila mengubah bagian dalam suatu rumah, ini mengandung makna pembedahan.

Harus disadari pula bahwa bila menambah bagian luar suatu rumah, ini mengandung makna daging tumbuh.

Sebentar-sebentar dibongkar, direnovasi, dibangun, tentu saja tidak apa-apa bila pengubahan atau penambahan ini sesuai aturan. Tetapi bila terjadi persilangan dengan aturan, timbullah pola pembedahan dan pola daging tumbuh.

Karena membongkar bangunan sama saja dengan mengubah fengshui atau medan magnet. Bila pengubahan fengshui dan medan magnet dilakukan secara benar tentu saja tidak apa-apa. Bila tidak benar, pasti akan mendatangkan malapetaka.

Menurut hemat saya, sebaiknya meminta nasehat seorang pakar fengshui untuk setiap pengubahan dan penambahan bangunan. Hari memulai dikerjakannya adalah penting sekali, karena pengubahan dan penambahan bangunan ibarat orang dioperasi, bila operasinya tidak dilakukan dengan cara yang benar, akan melemahkan daya hidupnya.

Saya sendiri sangat memperhatikan urusan perbaikan rumah. Misalnya ada kaca yang pecah, pipa air ledeng bocor, dinding retak, listrik mengalami gangguan, perabotan rumah rusak, hal-hal macam begini sebaiknya segera ditangani atau diperbaiki. Perbaikan kecil-kecilan demikian tidak mengubah fengshui, tidak menimbulkan ancaman. Jika peralatan telah rusak tapi tidak ditangani atau diperbaiki, maka akan memberi dampak yang tidak baik pada kejiwaan penghuni bila dibiarkan dalam waktu yang lama. Dampak kejiwaan ini akan mempengaruhi nasib. Oleh sebab itu di dalam rumah usahakanlah jangan menyimpan barang-barang yang rusak. Bila listrik dan air mengalami gangguan, segeralah diperbaiki.

Laksana kita manusia bila dijangkiti influensa ringan dan tidak menjaga diri, bisa berkembang menjadi influensa berat. Demikian pula halnya dengan pneumonia, penyakit ginjal dan lain sebagainya.

Saya pernah bertandang ke rumah seorang sahabat saya.

“Seisi penghuni rumah akan mengalami nasib dioperasi.” saya menandaskan.

“Mengapa?” tuan rumah bertanya.

“Karena di samping perut telah digali sebuah lubang.”

Rupanya tuan rumah untuk memudahkan memasukkan mobil langsung dari jalan raya, ia membobol dindingnya di sisi rumah yang bersebelahan dengan jalan raya lalu membuka sebuah pintu jalan masuk mobil, tetapi bagian lantai atas tetap dipertahankan.

Dan hal aneh pun terjadi, sejak dibukanya gerbang mobil ini, setiap tahun salah satu penghuni rumah ini pasti dioperasi. Ini sudah berlangsung selama tiga tahun.

Tuan rumah mohon cara untuk mengatasinya tanpa menutup gerbang yang sudah dibuka. Lalu saya memilih man ri1, dengan Metode Singkir Tangkal saya menambalkan sebuah dinding tak berwujud.

Benar saja, sejak itu penghuni rumah tidak ada lagi yang dioperasi. Metode Singkir Tangkal sungguh ajaib.


1 Salah satu nama hari dari pembagian 12 hari dalam penanggalan Lunar.

Tidak ada komentar: